Wednesday, December 01, 2004

Kecelakaan Pesawat LION AIR JT-538 di Solo

Terlepas dari bahwa peristiwa kecelakaan itu adalah merupakan takdir Allah, ada beberapa hal yang menjadi sorotan utama saya :

  1. Moda transportasi udara seharusnya adalah merupakan sarana transportasi yang paling aman, karena sebelum take off, pesawat mendapatkan pengecheckan yang sangat ketat.
  2. Bandara Adi Sumarmo - Solo adalah bandara dengan klasifikasi internasional yang mampu dipakai untuk penerbangan dengan pesawat Boeing 767, jadi seharusnya tidak masalah untuk landing pesawat sejenis MD-82.
  3. Banyak sudah beredar di mass media ataupun internet mengenai kurang bagusnya kinerja LION AIR, baik itu berupa double seat, bagasi hilang, terlambat, dll. Apakah ini merupakan akibat dari begitu murahnya tiket LION AIR, sehingga faktor keselamatan penumpang jadi dinomorduakan..???
  4. Ekspose mass media (dalam hal ini TV) yang terlalu 'sadis' dengan menayangkan korban dengan kondisi mengenaskan dan bahkan ada yang tidak tertutup auratnya, sungguh patut disayangkan dan apakah itu tidak menyalahi kode etik jurnalistik...???
  5. Lokasi kecelakaan tidak jauh dari lokasi Muktamar Nahdlatul Ulama ke-31 yang diwarnai kericuhan akibat perselisihan antara kubu Gus Dur dan Hasyim Muzadi.
Silahkan menganalisa sendiri.....

0 Comments:

Post a Comment

<< Home