Wednesday, December 08, 2004

Rencana Kenaikan Harga BBM

Rencana kenaikan BBM tahun depan sungguh membuat hati ini was-was...
Betapa tidak, kenaikan BBM selalu akan diikuti dengan kenaikan berbagai macam barang terutama sembako dan juga tarif berbagai angkutan.
Sedangkan kenaikan gaji rasanya selalu saja tidak mampu menutupi beban kenaikan harga-harga tersebut.

SBY-JK semasa kampanye dulu pernah berjanji bahwa kenaikan harga BBM tidak akan membebani rakyat kecil. Semoga saja beliau-beliau ini masih ingat akan janji mereka itu.

Seyogyanya kenaikan BBM diimbangi dengan melakukan subsidi kepada pemilik angkutan umum yg merupakan sarana transportasi rakyat kecil, sehingga mereka tidak harus menaikkan tarif yg akan berdampak langsung kepada konsumennya.

Kenaikan harga BBM bagaikan pisau bermata dua. Disatu sisi, jika BBM tidak naik, maka keuangan pemerintah akan terganggu. Tapi jika dinaikkan,maka rakyat kecil yg akan sengsara karenanya. Memang tidak mudah bagi pemerintahan SBY-JK untuk mengambil keputusan yang sangat tidak populis ini. Dan semoga saja mereka sudah benar-benar memperhitungkan segala aspek yg mungkin timbul dengan adanya kenaikan harga BBM ini. Semoga saja memang dengan adanya kenaikan harga BBM ini maka akan bisa memperbaiki kondisi perekonomian negara kita di skala yang lebih luas.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home